Kamis, 17 November 2016

Buku: Mystery of Yellow Room


Satu dari tiga novel misteri ruang tertutup terbaik sepanjang masa
(Edward D. Hoch, 1981)

Mystery of Yellow Room
Le mystere de la Chambre Jaune
Terbit pertama kali di Prancis tahun 1908
oleh penerbit Editions Pierre Lafitte
Penulis: Gaston Leroux
Penyunting: Zulfa Simatur; Penerjemah: Preti Prabowo
Visimedia 2013

Joseph Rouletabille, wartawan muda yang juga detektif amatir bersaing dengan Frederick Larsan, seorang detektif profesional dalam mengungkap sebuah misteri kejahatan yang terjadi di sebuah ruangan tertutup, “kamar kuning”, kamar seorang perempuan jelita. Perempuan itu, Mademoiselle Stangerson –putri tunggal Profesor Stangerson, seorang ilmuwan terkenal– nyaris terbunuh di kamar itu. Aparat penegak hukum dibuat kalang-kabut, surat kabar memberitakannya dengan sangat heboh. Prancis pun gempar!

Sebenarnya aku sangat menikmati cerita misteri seperti novel ini. Tapi entah kenapa pas lagi di toko buku, novel-novel misteri jarang terjamah oleh tanganku untuk kemudian dibawa pulang. Novel ini pun sebenarnya aku temukan di suatu obral buku di TB Graha Media M’Tos, yup, buku ini belinya bersamaan dengan Les Miserables 2: Cosette (Lihat reviewnya di sini).

Aku tertarik begitu membaca sinopsisnya di cover belakang. Misteri pembunuhan di ruang tertutup. Nah kebetulan sehari sebelumnya aku lagi gemar-gemarnya nonton anime Detective Conan, daaan episode yang terakhir aku nonton juga mengenai kasus pembunuhan di ruang tertutup.

Misteri ruang tertutup adalah subgenre dari fiksi detektif, dimana akses untuk keluar dan masuk ke ruang TKP benar-benar tertutup, dan secara logika tidak mungkin pelakunya bisa kabur sementara ruangan terkunci dari dalam, sedang korbannya di dalam sana tidak berdaya atau bahkan sudah tewas.

Kemudian sang detektif berusaha memecahkan teka-teki bukan hanya siapa pelakunya, tetapi bagaimana peristiwa itu  bisa terjadi, serta bagaimana pelaku bisa masuk dan keluar ruangan yang tertutup dari dalam.

Karena minggu  itu aku benar-benar menggandrungi Detective Conan, dan masih haus cerita misteri, aku membeli buku ini dengan harga 20 ribu saja!  Kapan-kapan aku kesana lagi deh hunting buku (kalau ada yang antar tapi haha).

Ruang tertutup bisa jadi digunakan pelaku sebagai trik mengalihkan perhatian untuk dijadikan alibi atas kejahatan yang dilakukan di tempat lain. Karena dipenuhi dengan teka teki, jadi, pembaca harus memerhatikan fakta-fakta yang ada sebagai petunjuk. Dengan cara itu, pembaca dapat menikmati dan mencoba mengungkap jati diri pelaku. Kedengaran seru, kan?

Bagaimana pun, kita akan segera mengetahui apa yang terjadi. Pagi akan membawa sinar bersamanya. ~