Senin, 13 November 2017

Sudut yang Asik Untuk Nongkrong Sendiri di Kampus 2 UIN Alauddin Makassar




Sesupel-supelnya atau segaul-gaulnya seseorang , terkadang kita butuh yang namanya kesendirian. Menjauh dari hingar bingar massa. Dan ini manusiawi. Karena manusia selain makhluk sosial, juga merupakan makhluk individu.

Meskipun tidak lama, menyendiri memberikan apa yang tidak bisa didapatkan dari kerumunan: ketenangan. Sebagian orang menyendiri karena sedang jenuh atau banyak pikiran. Sebagian lain karena sedang mengerjakan sesuatu yang menyita fokus seperti membaca atau melukis. Sebagian lagi menyendiri karena orang itu dari sononya memang suka sendiri *eaaa

Kalau saya? Kalau saya sih selalu menyendiri setiap hari, terutama saat mandi, buang air, atau tidur. YAIYALAHHH.
Memangnya harus menyendiri supaya tenang? Bukankah berkumpul bersama keluarga dan orang-orang yang disayang kita bisa tenang, damai, dan bahagia?
Jadi ya sendiri belum tentu berarti menutup diri. Sendiri bisa saja karena waktunya untuk sendiri. Azek.

Ini, saya kasih daftar beberapa tempat untuk nongkrong tenang di kampus 2 UIN Alauddin Makassar, siapa tau kalian butuh. Kalau tidak butuh, close tab mi ki’ sekarang dende astaga gampangji toh.




1.     Perpustakaan

Perpustakaan memang tempat paling top saat harus menghabiskan waktu seorang diri. Karena tempatnya yang meski ramai pengunjung, tetap senyap. Kadang ada sih suara-suara kedengaran, terutama suara mahasiswa sedang diskusi sambil bisik-bisikan. Tapi masih bisa dimaafkan kok, kalau kalian tidak suka, move ke sudut lain lah, gak usah komplain kalau cuma begitu, perpus kan luas men. Jangan mi serius dudu.
Kelebihan utamanya, di perpus kita bisa baca buku atau sekadar numpang hotspot bagi para fakir kuota.



2.     Halte
Ada juga kok orang di halte cuma numpang duduk meski tidak sedang menunggu. Mau menunggu siapa? Menunggu abang datang meminang? Nanti ajalah, tunggu adek wisuda dulu hahaha
Kalau mau menyendiri di halte lebih syahdu, bisa sambil membaca buku, menggambar, atau sambil main game online (Hayday! Hayday!)






3.     Gazebo Fakultas
Kalau sedang tidak ramai oleh kerumunan mahasiswa, gazebo ini bisa jadi pilihan. Bisa kerja tugas kampus pakai wifi fakultas, membaca, menulis, main rubik, blogging, menghitung orang yang lalu lalang pakai baju merah, atau apa kek yang penting jangan melamun. Salah-salah bisa kerasukan, kan nggak lucu.




4.     Parkiran
Parkiran juga biasa menjadi pilihan. Kenapa bede? Karena di parkiran ada pohon mangganya, kalau berbuah kan lumayan bisa sukki-sukki enak hahaha. Ada lagi, nongkrong sendirian di parkiran bisa menciptakan peluang, pel-uang bro. Iya, mengumpulkan uang parkir. Tapi bohong, tidak boleh ada pajak parkir. Kau mau didemo mahasiswa?

Sekadar mengingatkan, tolong jangan kaccaki stiker di motor, mobil, atau helmnya orang, menyebalkan sekali yang begitu *curhat -__-
Mengertilah stiker itu ada filosofi dan kenangannya masing, bahkan juga pernyataan ideologinya orang, jadi jangan diganggui nah.


 
hati-hati dengan ranting yang rapuh, hati-hati juga dengan hati yang rapuh, uhuy.


5.     Taman Kampus
Taman, meskipun ramai, tetap bisa dinikmati sendiri. Tidak usah kepedean sekali bakal ada yang mengganggu. Setiap orang disana menikmati urusannya masing-masing. Spot paling strategis tentu saja di bawah pohon yang rindang. Apalagi ada beberapa penjaja cemilan dan minuman ringan.






6.     Pelataran Masjid
Pelataran atau beranda masjid bisa menjadi pilihan juga untuk menyendiri karena tempatnya yang sejuk dan tenang. Bisa menunggu waktu sholat sambil ngaji, dengar khotbah atau baca buku, Subhanallah.






7.     Gedung CBT
Gedung CBT (singkatan dari Character Building Training) merupakan gedung yang diperuntukkan untuk kegiatan CBT, sesuai namanya.
Gedung CBT ini cukup luas dan adem karena konstruksi gedungnya yang memungkinkan angin masuk. Kalian bisa memilih mau duduk ngeleseh di dalam atau di teras, terasnya ada di kiri kanan bangunan. Bagusnya di gedung CBT ada beberapa colokannya, tempat wudhu, dan tentu saja tempat sholat. Karena gedung ini juga digunakan untuk  sholat Jumat.







8.     Balkon Fakultas
Gak mau repot keluar fakultas, soalnya masih ada kelas, di luar cuacanya terik sekali atau lagi hujan, atau lagi nunggu dosen, di balkon fakultas juga bisa lah. Eh ini sudah betul gak sih disebutnya balkon?
Tidak ada colokan disini, tapi enaknya bisa liat pemandangan dari atas sini, haha makan tuh pemandangan.







9.     Pinggir Lapangan
Lumayan, di pinggir lapangan, dilindungi pohon-pohon. Wah asik, mungkin ada inspirasi nyangkut.
Iya asik, asal tidak hujan, asal tidak ada angin kencang berdebu, asal tidak ada orang main bola. Mau kena bola?





 
10.  Tolong, Jangan di Tangga
Meski jarang terjadi, hal ini terus terang bisa mengganggu kenyamanan orang lain saat ingin melewati tangga. Kalau badan kecil sih bisa dimaafkan, kalau badannya besar banyak makan tempat? Belum lagi jika ada barang yang digeletakkan di badan tangga, dan bisa saja orang yang lewat tidak memperhatikan dan kemudian terinjak.
Belum lagi kalau yang duduk-duduk di tangga itu satu pasukan, betul-betul menghalangi lalu lintas pertanggaan.

Jadi sebenarnya di mana pun bisa jadi tempat yang menyenangkan, asal tidak mengganggu orang lain atau merusak fasilitas kampus.

Terakhir, jangan terlalu sering sendiri!




*Tulisan ini kemarin saya temukan di laptop. Ditulis saat masih semester 3 tahun 2015.